Skip to content

7 Jenis Gangguan Menstruasi yang Perlu Diketahui

jenis gangguan menstruasi

Menstruasi adalah keluarnya darah dari vagina sebagai bentuk siklus bulanan setiap wanita. Jenis gangguan menstruasi ternyata cukup banyak lho, Sobat Pintar! Nah, kali ini kita akan membahas tentang 7 jenis gangguan menstruasi.

Namun sebelum memasuki 7 jenis gangguan menstruasi, mari sama-sama kita pahami terlebih dahulu tentang menstruasi.

Sobat Pintar, apakah kamu tahu kalau gangguan menstruasi itu berbahaya sekali? Oleh karena itu, kamu harus waspada dan mengenal lebih lanjut terhadap gangguan-gangguan menstruasi, ya.

Di artikel ini, kita akan membahas gangguan menstruasi yang mungkin beberapa wanita merasakan tanda dan gejala dari setiap jenis gangguan, yuk simak!

Apa Itu Gangguan Menstruasi?

Gangguan menstruasi adalah suatu kelainan yang terjadi pada siklus menstruasi yang terdiri dari beberapa jenis. Biasanya, wanita akan merasakan nyeri hebat saat menstruasi, siklus menstruasi tidak lancar, pendarahan yang berlebihan, dan lain-lain.

Gangguan menstruasi dapat berupa gangguan ritme saat menstruasi, kelainan kuantitas dan durasi saat menstruasi, amenorrhea, dan dismenorea.

Menstruasi merupakan sebuah tanda pubertas yang terjadi pada wanita ketika menginjak usia dewasa. 

Normalnya, menstruasi terjadi setiap 5-7 hari setiap bulannya dan siklus menstruasi berlangsung hingga saat usia 50 tahun, tetapi tidak menutup kemungkinan bahwa wanita yang berusia lebih dari 50 tahun masih mengalami menstruasi.

Ketika sudah menginjak 50 tahun atau sudah tidak mengalami menstruasi lagi, yaitu disebut sebagai menopause.

Menopause adalah sebuah bentuk penurunan alami hormon reproduksi wanita ketika sudah menginjak 40-50 tahun atau tidak mengalami menstruasi lagi.

Tandanya, ketika kamu sudah tidak mengalami menstruasi sejak 12 bulan terakhir sudah dipastikan kamu sudah berada di fase menopause.

Jenis-Jenis Gangguan Menstruasi

Jenis Gangguan Menstruasi

Sebelum kamu mengenal lebih lanjut tentang jenis-jenis gangguan menstruasi, kamu harus konsultasikan terlebih dahulu keluhanmu dulu, ya.

SiapDOK menghadirkan aplikasi SmartRSCM yang dapat kamu unduh di Play Store dan App Store. 

Kamu hanya perlu duduk santai di rumah saja dan gunakan fitur-fitur yang dapat membantu kamu seperti layanan telekonsultasi, peresepan obat oleh Kimia Farma, hingga uji laboratorium oleh Prodia.

Kalau begitu, mungkin Sobat Pintar sudah penasaran nih dengan 7 jenis gangguan menstruasi, berikut 7 jenis gangguan menstruasi:

  • Dismenorea

Gangguan menstruasi ini sangat sering dialami oleh wanita. Jika kamu merasa bahwa ketika saat menstruasi dan merasakan nyeri yang sangat hebat, bisa saja kamu terkena gangguan menstruasi jenis dismenorea.

Dismenora adalah nyeri yang dirasakan di perut bagian bawah. Terkadang, rasa nyeri dismenorea ini meluas sampai ke pinggang, punggung bagian bawah, dan paha.

  • Menorrhagia

Menorrhagia adalah salah satu gangguan menstruasi, jenis gangguan menstruasi yang satu ini ditandai dengan ketika kamu menstruasi dan mengeluarkan banyak sekali darah atau pendarahan yang berlebih.

Umumnya, menstruasi terjadi selama 5-7 hari dengan volume cairan sebanyak 30-70 ml.

Namun, pada wanita menorrhagia, darah yang keluar bisa lebih dari 30-70 ml dan bisa saja durasi haid yang menerus atau lebih dari 7 hari.

  • Premenstrual Dysphoric Disorder (PMDD)

Jenis gangguan menstruasi yang satu ini adalah gangguan yang mengaitkan emosi dan fisik wanita di waktu sebelum masa menstruasi.

Gangguan menstruasi ini lebih parah dibandingkan dengan premenstrual syndrome (PMS). Gejala dari gangguan menstruasi ini yaitu 1-2 minggu sebelum menstruasi dan mereda ketika 2-3 hari saat menstruasi dimulai.

Penyebab dari gangguan menstruasi ini masih belum diketahui secara pasti, namun terdapat beberapa faktor yang memicu terjadinya gangguan menstruasi ini, yaitu turunnya kadar estrogen dan progesterone.

  • Menometroragia 

Sedikit mirip dengan menorrhagia, menometroragia adalah perdarahan yang memanjang secara tidak teratur. 

Sedangkan menorrhagia adalah perdarahan yang terjadi secara memanjang dengan frekuensi lebih dari 7 hari dan volume cairan lebih dari 80cc.

Menometroragia adalah sebuah kondisi dengan ditandai dengan pendarahan uterus yang berat, abnormal, dan tidak teratur.

Biasanya, wanita yang mengalami menometroragia memiliki pendarahan yang ditandai dengan darah sebanyak 80 ml selama siklus menstruasi.

Karena bentuk dari menometroragia tidak teratur, maka pendarahan yang terjadi tidak terduga dan sering terjadi di luar siklus menstruasi. 

  • Amenorea

Gangguan menstruasi ini adalah sebuah kondisi yang mana wanita tidak mengalami menstruasi.

Terdapat 2 jenis pada amenorea, yaitu amenorea primer dan sekunder. 

Amenorea primer adalah ketika wanita yang berusia lebih dari 15 tahun namun tidak mengalami menstruasi tapi telah mengalami pubertas dengan cara lain.

Amenorea sekunder adalah dimana wanita tidak mengalami menstruasi selama lebih dari 3 siklus atau selama 6 bulan.

Jika tidak ditangani, amenorea bisa menjadi penyakit yang mengerikan seperti tumor kelenjar pituitari.

  • Oligomenorea

Oligomenorea adalah gangguan menstruasi pendarahan ringan yang jarang terjadi pada wanita yang mengalami menstruasi. 

Kondisi ini adalah saat periode menstruasi wanita pada saat usia subur menjadi tidak teratur atau susah diprediksi. 

Penyebab dari oligomenorea tidak semuanya berbahaya. Tetapi, bisa saja menjadi masalah yang serius jika tidak ditangani secepatnya. 

  • Keadaan Patologis Terkait Menstruasi

Gangguan menstruasi ini yaitu ketegangan sebelum menstruasi (premenstrual tension) yang berupa keluhan yang dimulai ketika seminggu sebelum dan sesudah haid.

Terjadinya kondisi ini dikarenakan karena tidak seimbangnya hormon estrogen dan progesterone pada saat menjelang menstruasi. 

Biasanya gangguan menstruasi ini terjadi pada wanita yang telah berumur 30-40 tahun. Untuk pengobatannya sendiri tergantung dengan keadaan di mana seorang wanita dengan keluhannya. 

Perlukah ke Dokter?

Jika kamu merasakan gejala gangguan menstruasi di atas, kamu dapat konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter yang handal.

SmartRSCM by SiapDOK hadir untuk membantu mengatasi keluhanmu. Kamu cukup duduk manis saja di rumah tanpa perlu repot-repot ke luar rumah untuk konsultasi.

Hadirnya fitur video telekonsultasi dapat membantu kamu lebih mudah untuk berdiskusi terkait masalah yang kamu rasakan.

Segera download aplikasinya yang tersedia di Play Store dan App Store, yuk!

(Arya Saputra S)

Referensi:

Humanism Journal of Community Empowerment. Diakses pada 2022. Mengenal Gangguan Menstruasi pada Remaja Putri.

Kementerian Kesehatan Direktorat Jenderal Pelayanan Kesehatan. Diakses pada 2022. Dismenore (nyeri haid)